Home / blog / Laras / stem demung

Laras / stem demung

Demung adalah bagian dari alat musik Gamelan yang berbentuk bilah, orang orang menyebut nya wilahan. Demung merupakan bilah yang paling besar. Ukuran demung beraneka ragam dari 36 cm sampai 42 cm. Umum nya yang sering dipakai demung ukuran 38 cm. Tetapi ada juga yang menggunakan demung ukuran 40 cm, untuk menampilkan kesan kegagahan.
Laras / stem demung hanya dikeduk / dikurangi bagian belakang nya, bila suara terlalu tinggi cukup dikurangi bagian belakang pas ditengah tengah dengan menggunakan gerinda atau kikir sampai menemukan suara yang diinginkan.
Jika suara terlalu rendah cukup dikurangi bagian belakang pucuk saja dengan gerinda atau kikir sampai menemukan suara yang diinginkan.
Laras / stem wilahan adalah yang paling mudah dilakukan.  Bila sura sering turun berarti wilahan itu rusak atau ada keretakan. Bila hal tersebut sudah terjadi maka tindakan selanjutnya adalah bawalah ketempat kami untuk melakukan pengelasan.

About Agong Rejeki

Pengrajin Gamelan Perunggu Terima pesanan & laras

Check Also

Nglaras ( menyesuaikan nada)

Nglaras dilakukan untuk menyesuaikan nada yang diinginkan. Bagian tersulit dan rumit,tidak semua orang bisa melakukannya, …